Thursday, July 03, 2014

cara Reset VMWare ESXi 5.5.0 Evaluation mode setelah 60 hari

vmware esxi yg saya gunakan adalah seri 5.5.0

masa evaluasi sudah berjalan 7 hari. pertanyaannya adalah, apakah masa evaluasi tsb dapat di reset tanpa melakukan proses instalasi lagi ? jawabannya sbb:

pastikan esxi shell dan ssh (target yang akan di reset) dalam posisi aktif



dalam kasus ini, saya ingin mereset evaluation tanpa melakukan install ulang pada server esxi.
kita membutuhkan 2 file yaitu vmware.lic dan license.cfg, oleh sebab itu saya mengambil file tersebut dari server esxi (vm) yang baru saja saya install di vmware workstation

atau jika anda malas untuk menginstall lagi, silahkan download file tersebut disini
saya menggunakan winscp untuk melakukan download dan upload file vmware.lic dan license.cfg
perhatikan gambar dibawah ini (gunakan protocol sftp port 22)

setelah proses di atas selesai, cek esxi anda, untuk memastikan proses sudah berjalan dengan benar


selamat mencoba :D