Saturday, September 05, 2015

Reset Finger Print Solution

kamu IT support, atau kuli bangunan atau apalah, pasti tdk akan lepas dengan lupa password.
klo loe termasuk orangnya males dokumentasi ya jadi gitu deh heheh.

mesin finger print dari solution adalah mesin absensi yang paling banyak digunakan di indonesia, dan lumayan awet (MTBFnya lumayan panjang, saat ini sudah 6 Tahun penggunaan).

saya membuat tutorial ini karena saya juga mengalami masalah saat ingin masuk ke halaman admin mesin finger.

untuk mereset dalam kasus saya ini, bukan karena lupa password, namun karena orang yang ngeset mesin finger solution ntah sudah kabur kemana (resign) hihihi, skip..

reset mesin finger sebenarnya cukup mudah (dalam kasus ini mesin x100c dan x103 )
Install aplikasi attendance versi 3.7.1




masuk ke pengaturan mesin, lalu klik bersihkan mesin dan hapus hak admin

sampai disini harusnya mesin sudah bisa diakses oleh admin kembali karena semua data transaksi absen dan FP karyawan termasuk admin dihapus. :D (ada pertanyaan sampai disini ? xixixi ) 

yg menjadi masalah adalah, bagaimana jika di dalam mesin ada 2000 karyawan dan 4000 FP (sidik jari loe) ? yg jelas HRD dan IT tdk mau repot meregistrasikan semua karyawan kan ?, 

caranya adalah, backup semua data finger (gimana mau di backup wong mau remote dari pc aja aplikasi attendancenya ke password)...

cara 1
jika program attendance menampilkan halaman login gunakan password default Ac No. (ini berlaku jika admin sebelumnya males untuk mengubah :) atau tanyakan pada HRD yang menggunakan aplikasi attandance tsb

cara 2
install ulang aplikasi attandance dan arahakan path misalnya di D: dengan demikian saat membuka program, halaman login akan hilang, namun kita masih bisa melakukan koneksi ke mesin finger (ip mesin finger default adalah 192.168.1.201), backup data karyawan dan data log, setelah selesai, lakukan bersih-bersih seperti cara di atas (bersihkan mesin dan hapus admin)

tutorial ini blm pernah saya temukan diinternet, karena penasaran, akhirnya nyoba diakalin sendiri :P
Tutorial yang banyak ditemukan rata2 menggunakan tools bantuan yaitu backdoortft --> bisa baca disini slideshare.

jika demikian, artinya siapa saja bisa melakukan koneksi ke finger dong, asalkan punya program attandance...? jawabannya adalah IYA....sampai saat ini saya hanya mengakali melalui router mikrotik.red, selain IP yang diijinkan, semua IP address yang terkoneksi dengan jaringan LAN akan di reject jika mencoba akses ke mesin finger.


mohon maaf jika bahasa kacau balau, tidak ngurut dll, karena memang saya lagi malas ngetik  : )))))

salah kangen buat kawan2 di kendari :D