Thursday, May 04, 2006

Sekilas Tentang Mambo Open Source

mungkin pada umumnya orang tidak berpikir tentang manajemen pengolahan akan sebuah situs atau web site sebab mungkin ada juga mereka yang orang taunya hanya browsing doank... sedangkan cara kerja dan pengolahan akan sebuah website itu sendiri nyaris tidak banyak yang mengetahui.
dalam artikel singkat ini kami hanya mencoba mengantar sedikit tentang Mambo Open Source.
namun sebelum membahas tentang mambo itu sendiri ada baiknya kita kenali terlebih dahulu tentang CMS atau Content Management System.
CMS atau Content Managemen System adalah sebuah software atau piranti lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambah atau mengurangi bahkan memanipulasi dari isi suatu website atau situs. CMS sendiri tediri dari dua bagian yaitu content management aplication (CMA) dan content delivery aplication (CDA)
sedangkan mambo open source sendiri adalah sebuah CMS yang bersifat open source yang difgunakan untuk menciptakan atau mengolah sebuah situs mulai dari yang paling sederhana sampai yang multikompleks. mambo sendiri sangat mudah untuk diinstal.
dan untuk proses instalasi mambo terlebih dahulu dilakukan instalasi php triad yang merupakan sebuah software yang terdiri dari apache webserver, php dan mysql database server. atau bisa juga dengan menggunakan software appserv.
dan untuk lebih jelasnya tentang mambo ini ada sebuah komunitas mambo indonesia yang mendedikasikan segala pengetahuan mereka tentang mambo yaitu mambo-id
mungkin tulisan ini sifatnya hanya sebagai pengantar, sebab banyak hal yang dapat digali lagi dengan keinginan yang besar ntuk belajar
thank's to ::p1r4t3z, ch302, napster_jr, kurtz::
by 3l1te

0 komentar: